SELAMAT DATANG DI DESA TAMBAKROMO KECAMATAN PADAS KABUPATEN NGAWI

Artikel

Seberapa Pentingkah Kelas Ibu Hamil ?

18 Juni 2023 20:43:39  Bambang Agung   85 Kali Dibaca  Berita Desa

Kelas ibu hamil adalah kelompok belajar ibu-ibu hamil dengan umur kehamilan antara 4 minggu sampai dengan 36 minggu (menjelang persalinan) yang dilaksanakan oleh Bidan Desa atau petugas kesehatan diwilayahnya.

Kamis 15 Juni 2023 bertempat di Aula Kantor Kepala Desa Tambakromo, Pemerintah Desa Tambakromo adakan kelas ibu hamil, dengan mengikuti kelas ibu hamil akan diperoleh informasi tentang kehamilan, persalinan, perawatan masa nifas, perawatan bayi baru lahir, kebutuhan dan pemenuhan gizi serta pelayanan kesehatan yang diterima.

Kegiatan kelas ibu hamil diikuti oleh 20 peserta ibu hamil. Di kelas ibu hamil, ibu hamil akan mendapat pengetahuan lengkap seputar apa saja yang harus diketahui oleh seorang ibu selama hamil. Mulai dari gizi seimbang ibu hamil, persiapan menghadapi proses persalinan, perawatan pasca persalinan dan nifas, hingga perawatan bayi baru lahir. Di kelas ini juga diajarkan senam ibu hamil untuk ibu yang usia kandungannya 20-36 minggu (5-9 bulan).

Nah, bagi ibu yang belum ataupun sudah berpengalaman dan ingin menjalani kehamilan dengan aman, nyaman, dan bahagia, mengikuti kelas ibu hamil membuat ibu akan lebih siap !

Ibu hamil akan dibekali pengetahuan seputar :

a. Keluhan-keluhan yang sering dialami ibu hamil, termasuk perubahan fisik dan emosional. Apabila ibu khawatir dengan kondisi tertentu yang dialami dalam masa kehamilan, ibu bisa memastikan apakah hal-hal tersebut merupakan sesuatu yang wajar dan lumrah.

b. Mitos dan fakta. Pada proses kehamilan, banyak mitos yang beredar dan perlu diluruskan. Para ahli akan memberikan penjelasan medis mengenai hal-hal yang dianggap tabu, juga mana yang perlu ibu khawatirkan atau sekedar mitos belaka.

c. Pencegahan penyakit dan komplikasi kehamilan. Mulai dari Infeksi Menular Seksual (IMS), HIV virus penyebab AIDS, cara pencegahan HIV/AIDS pada ibu hamil, Kurang Energi kronis (KEK), Anemia (kurang darah), dan tanda bahaya pada kehamilan ataupun persalinan.

Informasi di mana mendapatkan fasilitas pelayanan kesehatan. Sehingga bila tanda-tanda yang disebutkan pada poin di atas dijumpai pada ibu hamil, Ibu hamil bisa mendapatkan penanganan lebih cepat dan aman.

(sumber : artikel Kementrian Kesehatan RI 22 Desember 2022).

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image